Willi Toisuta & Associates akan segera membuka layanan bagi para pelajar Indonesia yang hendak studi di perguruan-perguruan tinggi di Ceko.

Pada tanggal 20 Maret 2012, WTA (diwakili oleh Willi Toisuta dan Eka Simanjuntak) telah menandatangani perjanjian untuk kerjasama dengan Czech University of Life Sciences (diwakili oleh Jiri Balik), Universitas Kristen Satya Wacana (diwakili oleh John Titaley), dan Yayasan Del (diwakili oleh Patuan Simatupang).

Isi perjanjian ini meliputi kerjasama dalam bidang: (1) pertukaran mahasiswa dan dosen; (2) penyelenggaraan program dual degree; (3) penelitian bersama; (4) pengembangan pusat riset di Indonesia.

Dalam waktu dekat, UKSW dan Yayasan Del akan mengirim beberapa tenaga pengajarnya untuk studi lanjut di CULS, sedangkan CULS akan mengirim beberapa mahasiswanya untuk melakukan riset dan mempelajari budaya Indonesia di UKSW dan Politeknik Informatika Del.

Penandatanganan perjanjian untuk kerjasama ini dilaksanakan di kampus CULS di kota Praha, bertepatan dengan Hari Indonesia yang digagas CULS bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Ceko.

Duta Besar Indonesia untuk Ceko, Emeria W.A. Siregar, dalam sambutannya menyatakan harapan bahwa kerjasama kependidikan yang dirintis keempat lembaga ini dapat mengisi ruang-ruang kerjasama bilateral yang telah lama dibangun Indonesia dan Ceko.

Selain dengan CULS, WTA bersama UKSW juga telah mengadakan pertemuan dengan Pavel Jech, dekan Film and TV School of the Academy of Perfoming Arts in Prague (FAMU), salah satu sekolah sinematografi tertua dan ternama di Eropa.

Di FAMU, WTA dan UKSW menjajaki kemungkinan kerjasama antara Fakultas Seni Pertunjukan UKSW dan FAMU untuk studi lanjut dosen maupun pertukaran mahasiswa.

FAMU juga mengajak WTA untuk mempromosikan FAMU International Academy Program di bidang dramaturgi, penyutradaraan, sinematografi, dan non-fiksi kepada mahasiswa Indonesia yang ingin berkuliah di Ceko.

share it...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail