Kekerasan pada anak di Indonesia, khususnya Papua, sangat mengkhawatirkan. Ironisnya, kekerasan ini terjadi di lingkungan sekolah. Kekerasan ini, malah dilakukan oleh guru sendiri dalam wujud pemberian hukuman. Menanggapi ini, Unicef bekerja sama dengan Institute of Good Governance and Regional Development (IGGRD) atau Yayasan Nusantara Sejati (YNS), yang merupakan bagian WTA, mendorong penerapan positif disiplin bagi guru, siswa dan orang tua dengan mengadakan pelatihan pada guru dan mentor/pelatih.

Dalam rangka mempersiapkan pelatihan ini, diadakan workshop mengenai disiplin positif untuk para manajemen dan mentor/trainer. Dalam sambutannya, Direktur WTA yang di dalamnya ada IGGRD/YNS, Bapak Eka Simanjuntak, menjelaskan bahwa tujuan workshop ini adalah mengubah pola pikir dan kebiasaan pengunaan hukuman di sekolah. Sementara Ibu Eliza, selaku perwakilan dari Unicef, memberikan harapan dengan workshop ini materi pelatihan dapat dikembangkan sehingga dapat memperbaruhi metode pendampingan mentor/pelatih.

Untuk itu dalam workshop ini, pelatih nasional dan pelatih lokal mendiskusikan kembali materi dan manual pelatihan disiplin positif yang telah disusun. Sebelumnya, Tim Disiplin Positif YNS telah menyusun suatu manual pelatihan disiplin positif. Oleh karena itu, workshop ini juga untuk memfinalisasi manual pelatihan yang telah disusun tersebut.

Workshop yang berlangsung selama 2 hari ini tepatnya dari tanggal 31 Oktober s/d 01 November 2016, dilaksanakan di Rumah Makan Maranli, Kota Jayapura. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang yang terdiri atas beberapa kelompok yang akan terlibat langsung dan tidak langsung dalam program pelatihan selanjutnya bagi mentor/pelatih. Peserta tersebut terdiri dari pelatih utama, pelatih nasional, pelatih lokal, manajemen dan perwakilan dari Unicef. Selain itu diundang pula master trainer Program Literasi Kelas Awal untuk bersama-sama memberi masukan dan memperkaya materi disiplin positif tersebut. Kegiatan ini akan berlanjut dengan pelatihan kepada mentor/pelatih kabupaten Jayapura tanggal 2 – 5 November 2016 dan kabupaten Sorong 8 – 11 November 2016.

dscn3812

dscn3809

dsc04568

dsc04547

share it...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail