Pada 18-19 Mei 2009 di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta, telah berlangsung pertemuan antara Pusat Statistik Pendidikan (PSP) Balitbang Depdiknas, GRM International, dan Willi Toisuta & Associates.

Agenda pertemuan pada hari pertama adalah penyatuan persepsi terkait kegiatan penelitian berjudul  “Study on the Key Factors on Time and Qualified Annual Education Data Submission from Distric to CES” dimana WTA ditunjuk oleh GRM dan PSP Balitbang Depdiknas untuk melaksanakan penelitian ini. Tujuan penelitian adalah menemukan faktor-faktor kunci yang berpengaruh terhadap pengumpulan data pendidikan tahunan yang tepat waktu dan berkualitas dari kabupaten dan kota ke Pusat Statistik Pendidikan.

Pada hari kedua, agenda utamanya adalah menyusun proposal dan panduan (instrumen) pelaksanaan focus group discussion (FGD) dan pedoman wawancara. Sampel penelitian adalah 21 kabupaten dan kota yang meliputi Palembang, Tebing Tinggi, Sawah Lunto, Bekasi, Tulungagung, Wonosobo, Samarinda, Pontianak, Tanah Laut, Manado, Bantaeng, Donggala, Maluku Tengah, Maluku Tenggara Barat, Tidore Kepulauan, Manokwari, Jayapura, Sorong, Tabanan, Bima, dan Kupang. Kegiatan penelitian sampai dengan laporan final dijadwalkan berlangsung selama 2 bulan.

Hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Ade Cahyana (Kepala Pusat Statistik Pendidikan), Siti Sofiah, Dwi W. Hadi serta beberapa staf PSP Balitbang. Hetty Cislowski, Fredi Munger, Peter Ridell, dan Eko Cahyono mewakili GRM. Eka Simanjuntak (direktur WTA), Bill Allen (University of the Sunshine Coast), Rizal Hikmat (peneliti), serta para moderator FGD dari WTA: Ila Rosmilawati, Hotben Situmorang, Imanuel Djahi, Yubilate Manurung, dan Hernandi Dwi Prasetyo.

share it...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail