Pada tanggal 16 Maret 2015, Program ToT bagi Pelatih Master untuk Kepala Sekolah dan Guru Sekolah Dasar se Propinsi Papua, resmi dibuka secara simbolis dengan pemukulan tifa oleh Bpk Henry T.A. Dosinaen, Sekretaris Daerah Provinsi, di Sasana Krida Kantor Gubernur Papua.

Acara pembukaan ini juga dihadiri oleh Profesor William Rodney Carter, Director of IPG – USC; Bpk Elias Wonda S.Pd, MH, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua; Bpk Protasius Lobya, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsis Papua; Bpk Laorens Wantik, Kepala Bidang Pendidikan dan Layanan Khusus Dinas Pendidikan Provinsi Papua; Profesor Willi Toisuta dan Bpk Eka Simanjuntak dari WTA; dan seluruh Tim GPFD yaitu gabungan dari staff manajemen dan staff akademis USC, tim WTA Papua, dan staff Dinas Pendidikan Provinsi Papua; serta para Alumni Academic Teacher (para guru yang adalah alumni program Pasca sarjana dari USC, Australia).

Kegiatan ToT diikuti oleh 18 orang kepala sekolah dan 40 orang guru sekolah dasar yang berasal dari beberapa kabupaten di Papua. Kegiatan ToT diawali dengan kuliah umum dari Bpk James Modouw, tentang Manajemen dan Kepemimpinan kontekstual Papua, yang dilanjutkan dengan presentasi tentang program ‘Sekolah Kampung’ oleh Bpk John Rahail.

Lokakarya ini berakhir pada tanggal 28 Maret 2015. Seluruh pelatih master yang telah menjalani ToT ini diberikan sertifikat yang diserahkan oleh Ibu Y. Enembe, yang juga adalah Bunda PAUD Papua. Ibu Enembe didampingi oleh Bpk Lobya, Sekretaris Dinas Pendidikan Propinsi Papua, dan Bpk Eka Simanjuntak dari WTA; Bpk Bill Carter dari USC, Bpk Tony Richardson, dan Dr. Sharn Donnison, masing-masing sebagai koordinator pelatih kepala sekolah dan guru SD. Acara ini kemudian ditutup dengan sambutan oleh Ibu Enembe.


Program Government Partnership for Development (GPFD) Papua adalah Program Peningkatan Kapasitas para pelaku pendidikan di Propinsi Papua, terutama Kepala Sekolah dan Guru-guru Sekolah dasar (SD) dari seluruh Kabupaten di Papua. Program ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Propinsi dan Kabupaten/Kota se-Papua, The University of The Sunshine Coast (USC), The Willi Toisuta and Associates (WTA) dan didukung oleh Pemerintah Australia melalui Department of Foreign Affaisrs and Trade (DFAT).

share it...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail