Program Studienkolleg bagi Penerima Beasiswa ke Jerman

Pada 28 Januari 2011, Willi Toisuta & Associates bekerjasama dengan Yayasan Indonesia Jerman (YIJ) melangsungkan pembukaan Program Studienkolleg bagi penerima beasiswa ke Jerman dari Pemerintah Provinsi Papua Barat. Acara ini berlangsung di Deutsche Internationale Schule (DIS) di kawasan Bumi Serpong Damai, Tangerang, yang merupakan kampus Studienkolleg Indonesia.

Acara pembukaan ini dihadiri oleh Yunus Boari (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat), Willi Toisuta (komisaris WTA), dan Eka Simanjuntak (direktur WTA). Dari YIJ hadir Marsekal Sukardi (ketua YIJ), Anis Daud (ketua harian YIJ), serta Eekhard Zeeb (direktur akademis Studienkolleg Indonesia) dan Ulrich Erfort (kepala sekolah DIS). Acara ini diikuti 10 siswa penerima beasiswa ke Jerman dari Papua Barat yang dikelola WTA serta 7 orang penerima beasiswa ke Jerman dari Papua.

Program Studienkolleg merupakan program persiapan yang diperlukan sebelum para siswa berkuliah di Jerman. Program ini merupakan kelanjutan dari program persiapan bahasa Jerman yang telah dilakukan dari bulan Juli hingga Desember 2010 lalu di Goethe-Institut. Di Studienkolleg para peserta dipersiapkan selama 9 bulan dengan diberi kursus pemantapan bahasa Jerman yang diikuti pelajaran sains dalam bahasa Jerman. Program ini merupakan program yang harus diikuti oleh mahasiswa asing di Jerman karena perbedaan sistem pendidikan di Jerman yang sebagian masih menganut sistem pendidikan dasar sampai kelas 13. Setelah menempuh program ini, diharapkan pada bulan September 2011 para peserta sudah dapat memulai perkuliahan di berbagai universitas di Jerman.

Acara pembukaan diisi oleh beberapa sambutan, antara lain dari Yunus Boari, Willi Toisuta, serta Marsekal Sukardi. Acara diakhiri dengan penandatanganan kerjasama antara WTA dan YIJ yang akan bekerjasama dalam pengelolaan Program Studienkolleg.

2 Replies to “Program Studienkolleg bagi Penerima Beasiswa ke Jerman”

  1. salam. . .sy siswa kls XII ipa d slh satu sklh favorite d kab. Kaimana papua barat (SMA N 1 kaimana)…nama sya siti safia werfete…sya sgt senang dgn adax progam in, krna dgn bgtu kita khususx org papua tahun2 yg akn dtg bsa menciptakn SDM d papua barat menjadi lbh maju…kebetulan skali sklh kami m!dpt pemberitahuan ttg progaram pemerintah papua barat ttg studi ke jerman, dan alhamdulilah sya ikut test beasiswa in, kami org asli papua ada 6 org keaetualan kami ikut pd test wijayah 3, yaitu d kota fak2, jdi sempat pke pesawat brngkt k’sna, dan dana yg kami gunakan merupakan tanggungan masing2…bgtu smgangatx kami pada saat it,kebetulan yg mengawasi kami waktu it bpk Ardi Nugroho, dan 2 org lainx baik it dri prov maupun pusat…sy berharap smoga sya bsa seperti kk2 memajukn nama baik negri kita papua barat

  2. I appreciate, cause I found just what I was looking for. You have ended my 4 day long hunt! God Bless you man. Have a great day. Bye caecddacaeec

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.