Pada 28 Januari 2011, Willi Toisuta & Associates bekerjasama dengan Yayasan Indonesia Jerman (YIJ) melangsungkan pembukaan Program Studienkolleg bagi penerima beasiswa ke Jerman dari Pemerintah Provinsi Papua Barat. Acara ini berlangsung di Deutsche Internationale Schule (DIS) di kawasan Bumi Serpong Damai, Tangerang, yang merupakan kampus Studienkolleg Indonesia.

Acara pembukaan ini dihadiri oleh Yunus Boari (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat), Willi Toisuta (komisaris WTA), dan Eka Simanjuntak (direktur WTA). Dari YIJ hadir Marsekal Sukardi (ketua YIJ), Anis Daud (ketua harian YIJ), serta Eekhard Zeeb (direktur akademis Studienkolleg Indonesia) dan Ulrich Erfort (kepala sekolah DIS). Acara ini diikuti 10 siswa penerima beasiswa ke Jerman dari Papua Barat yang dikelola WTA serta 7 orang penerima beasiswa ke Jerman dari Papua.

Program Studienkolleg merupakan program persiapan yang diperlukan sebelum para siswa berkuliah di Jerman. Program ini merupakan kelanjutan dari program persiapan bahasa Jerman yang telah dilakukan dari bulan Juli hingga Desember 2010 lalu di Goethe-Institut. Di Studienkolleg para peserta dipersiapkan selama 9 bulan dengan diberi kursus pemantapan bahasa Jerman yang diikuti pelajaran sains dalam bahasa Jerman. Program ini merupakan program yang harus diikuti oleh mahasiswa asing di Jerman karena perbedaan sistem pendidikan di Jerman yang sebagian masih menganut sistem pendidikan dasar sampai kelas 13. Setelah menempuh program ini, diharapkan pada bulan September 2011 para peserta sudah dapat memulai perkuliahan di berbagai universitas di Jerman.

Acara pembukaan diisi oleh beberapa sambutan, antara lain dari Yunus Boari, Willi Toisuta, serta Marsekal Sukardi. Acara diakhiri dengan penandatanganan kerjasama antara WTA dan YIJ yang akan bekerjasama dalam pengelolaan Program Studienkolleg.

share it...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail