Program GPFD 2015 -2016

_DSC1336 (2)Sejak tahun 2007, The Willi Toisuta & Associates (WTA), The University of Sunshine Coast (USC) dan Pemerintah Provinsi Papua, telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Papua. Kegiatan pertama diawali dengan penandatanganan MoU oleh ketiga pimpinan lembaga diatas, yang  kemudian diikuti dengan pengiriman guru-guru SMA dari beberapa sekolah di Papua untuk mengikuti pelatihan selama lebih kurang 2-3 bulan di Kampus USC di Sunshine Coast, Queensland, Australia. Kerjasama ini telah mengirimkan lebih kurang 150 guru dan kepala sekolah Papua untuk berlatih di kampus USC, melibatkan lebih kurang 12 sekolah pemerintah dan sekolah swasta yang tersebar di negara bagian Queensland, Australia.

Selain itu, sebagai bagian dari kerjasama ini juga telah diselenggarakan 2 kali lokakarya untuk guru-guru Papua yang tidak dapat mengikuti pelatihan di Australia. Lokakarya ini dilaksanakan di kota Jayapura (2011 & 2013). Lokakarya dipandu oleh staff pengajar USC, konsultan WTA dan beberapa alumni program pelatihan guru dan kepala sekolah Papua di Australia. Lokakarya diikuti lebih kurang 150 orang guru Papua. Lokakarya bertujuan untuk menyebarluaskan apa yang sudah dipelajari oleh para alumni selama mengikuti program di Australia kepada guru lainnya. Setelah kegiatan lokakarya, WTA dan USC juga mengadakan pelatihan untuk meningkatkan nilai IELTS bagi Guru Bahasa Inggris yang berpotensi untuk studi lanjut di Australia. Hingga saat ini sudah ada 9 peserta pelatihan IELTS tersebut yang berhasil memperoleh beasiswa ADS dari pemerintah Australia dan sudah menyelesaikan pendidikan master/S2 di Australia.

Untuk mendanai kegiatan diatas, WTA dan USC memanfaatkan fasilitas pendanaan dari Pemerintah Australia, yaitu Australia Leadership Award Fellowship/ALAF (sekarang berubah menjadi Australia Award Fellowship/AAF) dan Government Partnership For Development/GPFD. Disamping itu ada juga dana pendamping dari Pemerintah provinsi Papua.

Pada tahun 2013, USC dan WTA kembali mengajukan proposal “Program Peningkatkan Kapasitas Pendidikan di Tanah Papua” kepada Pemerintah Australia melalui program GPFD, dan proposal ini kembali disetujui. Tujuan utama program ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pemangku kepentingan (stake holder) bidang pendidikan di Papua. Sasaran program adalah guru PAUD, guru sekolah dasar, guru pendidikan berkebutuhan khusus, kepala sekolah, staf dinas pendidikan, dosen FKIP, pengajar Kolese Pendidikan Guru Khas Papua (KPG-Papua), dan penggerak program PKK. Secara total program ini akan melatih 1280 para pemangku kepentingan dibidang pendidikan di Provinsi Papua.

Prioritas program adalah daerah-daerah pedalaman dan terpencil di Provinsi Papua, dibagi menjadi 5 lokasi sasaran yaitu: Region I – Jayapura (Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom, Sarmi, Mamberamo Raya dan Pegunungan Bintang), Region II – Mimika (Kabupaten Mimika, Asmat, Puncak, Puncak Jaya, Paniai, Biak Numfor dan Supiori), Region III – Wamena (Kabupaten Tolikara, Lanny Jaya, Yalimo, Yahukimo, Nduga, Mamberamo Tengah dan Jayawijaya), Region IV – Merauke (Kabupaten Merauke, Boeven Digoel dan Mappi), dan Region V – Nabire (Kabupaten Nabire, Deiyai, KepulauanYapen, Intan Jaya, Dogiyai dan Waropen).

Untuk pelaksanaan kerjasama ini, USC kembali menandatangani MOU yang merupakan awal dari pelaksanaan program yang  akan berlangsung lebih kurang 1,5 tahun yaitu sejak bulan November 2014, hingga Juli 2016 di Provinsi Papua.

Kegiatan-kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan adalah:

  1. Programyang dilaksanakan di Bali pada tanggal 15–29 November 2014 (16 peserta)
  2. Program Visitasi Pimpinan Dinas Pendidikan ke Australia pada tanggal 5–21 Desember 2014 (20 peserta).
  3. Program Pelatihan Pelatih Master Kepala Sekolah dan Guru Sekolah Dasar Kota Jayapura – LPMP Kotaraja yang telah dilaksanakan pada tanggal 16–28 Maret 2015
  4. Lokakarya Kepemimpinan bagi Kepala Sekolah dan Guru Sekolah Dasar, untuk Region I Jayapura (Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keroom, Sarmi, Pegunungan Bintang, Mamberamo Raya), telah dilaksanakan di LPMP Kotaraja, Kabupaten Jayapura pada tanggal 20–30 April 2015.
  5. Lokakarya Kepemimpinan bagi Kepala Sekolah dan Guru SD untuk Region II Mimika (Kabupaten Mimika, Asmat, Puncak, Puncak Jaya, Paniai, Biak Numfor dan Supiori), telah dilaksanakan di Kompleks Persekolahan YPJ Kuala Kencana, Area PT. Freeport Indonesia, pada tanggal 29 Juni – 9 Juli 2015.
  6. Pengembangan Kapasitas (Capacity Building) bagi Pengajar KPG (Primary Teacher Program) yang rencananya akan dilaksanakan di USC, Sunshine Coast, Australia, pada tanggal 7 Agustus – 24 Oktober 2015.
  7. Lokakarya Kepemimpinan bagi Kepala Sekolah dan Guru SD untuk Region III – Wamena (Wamena, Lanny Jaya, Tolikara, Yalimo, Yahukimo, Nduga, Mamberamo Tengah), yang rencananya akan dilaksanakan di Wamena pada tanggal 14 – 24 September 2015. Lokakarya di Region Wamena ini agak berbeda karena pada lokakarya ini juga akan diikuti oleh para pejabat dan pengawas sekolah Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kabupaten yang ada di Region III – Wamena.
  8. Lokakarya Kepemimpinan bagi Kepala Sekolah dan Guru SD untuk Region IV – Merauke (Kabupaten Merauke, Boeven Ndigoel, Mappi), yang rencananya akan dilaksanakan di Merauke pada tanggal 26 Oktober – 5 November 2015.
  9. Lokakarya Kepemimpinan bagi Kepala Sekolah dan Guru SD untuk Region I – Jayapura (Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom, Sarmi, Pegunungan Bintang, Mamberamo Raya), yang rencananya akan dilaksanakan di Merauke pada tanggal 30 November – 10 Desember 2015.
    Pada waktu yang sama diselenggarakan juga “KPG Tertiary Teacher Educators Pedagogical Practices for Papua, Jayapura”.
  1. Lokakarya Kepemimpinan bagi Kepala Sekolah dan Guru SD untuk Region IV -Merauke (Kabupaten Merauke, Boeven Digoel, Mappi), yang rencananya akan dilaksanakan di Merauke pada tanggal 15 Februari – 25 Februari 2016.
    Pada waktu yang sama diselenggarakan juga “Special and Inclusive Education Teacher Study Visit Australia”.
  1. Lokakarya Kepemimpinan bagi Kepala Sekolah dan Guru SD untuk Region III – Wamena (Kabupaten Jayawijaya, Lanny Jaya, Tolikara, Yalimo, Yahukimo, Nduga, Mamberamo Tengah), yang rencananya akan dilaksanakan di Wamena pada tanggal 4 April – 24 April 2016.
    Pada waktu yang sama diselenggarakan juga kegiatan “Consultation on Differentiated Pedagogies of Papua, Wamena” dan “UNCEND Tertiary Educators Effecting Change Study Visit Australia”.
  1. Lokakarya Kepemimpinan bagi Kepala Sekolah dan Guru SD untuk Region V – Nabire  (Kabupaten Nabire, Deiyai, KepulauanYapen, Intan Jaya, Dogiyai dan Waropen), yang rencananya akan dilaksanakan di Wamena pada tanggal 27 Juni – 7 Juli 2016.
share it...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail