Dr (HC). Willi Toisuta, PhD

Sebagai bagian dari usaha pemerintah Timor Leste meningkatkan mutu pendidikan maka telah telah dilaksanakan Pelatihan Pengawas Sekolah yang difasilitasi oleh PT Wacana Tata Akademika. Program yang bertujuan meningkatkan kapasitas jajaran inspektorat pendidikan Timor Leste (Professional Capacity Development of School Supervision Apparatus in Timor Leste) ini diikuti oleh 13 School Superintendent dan 15 School Supervision yang terdiri dari perwakilan 13 distrik yang ada di Timor Leste. Rombongan ini dipimpin langsung oleh bapak Evaristo Maria de Jesus yang merupakan wakil Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan Timor Leste.

Pembukaan Program Pelatihan Pengawas Sekolah ini berlangsung di Meeting Function Amaris Hotel – Thamrin City, Jakarta Pusat, dan dihadiri oleh Bapak Lisualdo Gaspar, Penasehat Kedutaan dari Kedutaan Besar Timor Leste untuk Indonesia, Bapak Dr (HC). Willi Toisuta, PhD & staf PT Wacana Tata Akademika (PT WTA). Dalam pembukaannya Bapak Lisualdo Gaspar menekankan pentingnya pelatihan ini dan alasan pemilihan Indonesia sebagai tempat belajar dikarenakan kedekatan budaya dan banyaknya jajaran kementerian pendidikan Timor Leste yang merupakan lulusan dari Perguruan Tinggi Indonesia.

The Willi Toisuta & associate merancang program ini sedemikian rupa, dimana pelatihan diawali dengan pemahaman teoretik yang disampikan oleh bapak Willi Toisuta., lalu dilanjutkan dengan mendatangi sumber informasi (pihak-pihak yang dinilai lebih memahami aspek kebijakan dan implementasi), untuk berdiskusi. Selama di Jakarta, rombongan mengunjungi beberapa lembaga ditingkat pusat maupun daerah yaitu; (1) Pusat Kurikulum dan Perbukuan Nasional (2) Badan Akreditasi Provinsi DKI Jakarta ( 3) Dinas Pendidikan Wilayah Kota Administratif Jakarta Selatan (4) Sekolah (SMA Negeri 28 dan SMK 57 yang ada di Jakarta Selatan). Di lembaga-lembaga tersebut, rombongan mendapat kesempatan mendengarkan penjelasan dan berdiskusi dengan Mr. Hendi Setiawan Zainudin, Badan Akreditasi Propinsi DKI Jakarta, Narayana Sasrawiguna, Badan Akreditasi Nasional (BAN), Mr. Eri Utomo, Pusat Kurikulum Kementrian Pendidikan RI, Mr. Suharyanto, Dinas Pendidikan kota Jakarta Selatan, Mrs. Nahdiana, SMA Negeri 28 Jakarta.

Kegiatan ini ditutup dengan kegiatan workshop untuk mengklarifikasi informasi yang dikumpulkan sekaligus membuat summary hasil pelatihan dan studi banding ini.

Program Pelatihan Bagi School Super Intendent and School Supervision Apparatus Timor Leste

share it...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail