Hari Sabtu, 7 November 2015, bertempat di ruang rapat kantor The Willi Toisuta and Associates (WTA), telah dilaksanakan pertemuan antara WTA dan Czech University of The Life Sciences (CULS). Agenda pertemuan ini adalah tentang persiapan pendirian Pusat Studi Pengolahan Produk-Produk Hasil Pertanian (Research Centre for Processing of Agricultural Products). Pusat penelitian ini akan diinisiasi oleh WTA dan CULS yang nantinya akan melibatkan berbagai institusi perguruan tinggi dan perusahaan/industri yang memiliki ketertarikan dan kepedulian terhadap pengolahan produk-produk pertanian lokal Indonesia.

Dalam pertemuan ini The Willi Toisuta and Associates mengundang beberapa peneliti senior dan pimpinan perguruan tinggi untuk memberikan pandangan tentang rencana ini. Pertemuan ini dihadiri oleh Prof. Willi Toisuta, Prof. David Herak PhD (Wakil Dekan Hubungan Internasional CULS), Leenawaty Limantara PhD, Prof. John FoEh, Ferry F. Karwur PhD, Bapak Eka T. P. Simanjuntak (Managing Director The Willi Toisuta and Associates) beserta tim dari WTA dan CULS.

Pusat Studi Pengolahan Produk Hasil Pertanian ini memiliki visi jangka panjang dan dikelola secara berkelanjutan. Tujuan Pusat Studi ini adalah untuk memecahkan masalah-masalah yang terkait dengan pengolahan produk pertanian agar kualitas produk-produk pertanian Indonesia dapat ditingkatkan. Studi-studi yang dilakukan Pusat Studi ini akan mencakup seluruh rantai produksi pertanian seperti bibit, budidaya, panen, pasca panen (transportasi, penyimpanan dan pengolahan). Sasaran utama dari penelitian ini akan difokuskan pada pengolahan produk pertanian untuk kebutuhan industri makanan, obat-obatan, kosmetik serta biofuel. Rencananya pusat studi ini akan mulai beroperasi pada awal February 2016.

share it...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail