Pelatihan pengayaan kurikulum, pedagogi, ICT, dan bahasa Inggris untuk guru-guru Sains dan matematika dari Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Utara yang dimulai tanggal 22 Oktober 2012, telah ditutup pada tanggal 14 Desember 2012. Penutupan dilaksanakan di Balairung Utama Bina Darma Training Center, Salatiga.  Dalam acara penutupan program pelatihan ini dihadiri oleh beberapa perwakilan lembaga, yakni Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Utara (DIKNAS SULUT), Pusat Penelitian Kawasan Timur Indonesia UKSW (PSKTI UKSW), dan PT. Wacana Tata Akademika (WTA). Selain perwakilan lembaga, acara penutupan ini dihadiri oleh para pengajar, tim kerja pelaksana kegiatan, dan tentunya peserta pelatihan.

Dalam laporannya,  bapak Johan tambotoh, SE., M.Sc., menyatakan bahwa setelah melihat hasil evaluasi terhadap performance peserta, maka pelatihan ini telah mencapai tujuannya. Salah satu indicator keberhasilan yang dapat dilihat adalah meningkatnya kepercayaan diri peserta berbahasa Inggris dengan sesama peserta, pengajar, dan orang asing selama proses pelatihan. Pernyataan bapak Tambotoh di atas didukung oleh fakta bahwa doa pembukaan, kesan-pesan peserta semuanya disampaikan dalam bahasa Inggris yang lancar. Selain bahasa Inggris, peserta juga mengalami peningkatan yang signifikan dalam aspek pemanfaatan internet untuk pembelajaran melalui penguasaan teknologi internet dan software-software multimedia yang mendukung terciptanya proses pembelajaran yang baik.

Peserta yang terlibat dalam pelatihan ini seluruhnya berjumlah 18 orang, terdiri dari 9 perempuan dan 9 laki-laki dengan komposisi perwakilan mata pelajaran adalah Matematika 6 orang, Kimia 4 orang, Fisika 4 orang, dan Biologi 4 orang. Sementara sebaran asal peserta pelatihan ini meliputi wilayah Kota Bitung, Kota manado, Kota Tomohon, Kab. Minahasa, kab. Minahasa Utara, Kab. Bolaang mongondow, dan kab. Sitaro.

Rektor UKSW yang diwakili oleh PR V bidang Penelitian Bapak Dr. Ferdy Rondonuwu, M.Sc, menyatakan bahwa pengembangan sumber daya pendidikan merupakan kebutuhan utama untuk meningkatkan ualitas pendidikan di SULUT, dan kerjasama UKSW, WTA, dan DIKNAS SULUT dalam program pelatihan ini merupakan salah satu jalan untuk mencapainya. Rektor berharap, pelatihan ini dapat dilanjutkan dengan lebih baik di masa yang akan datang. Gayung bersambut,. Ibu Dra. Esther Antou, MA, menegaskan bahwa: “DIKNAS SULUT siap mendukung dan mengawal pelaksanaan pelatihan tahap II untuk guru-guru Sains dan Matematika SULUT di University of the Sunshine Coast Australia pada tahun depan 2013”.

Para peserta meramaikan acara penutupan ini dengan menyanyikan lagu “Sipatokaan”, yang bercerita tentang orang Manado di perantauan yang rindu akan kampungnya. Sementara Marini Guru Kimia dari SMA N 1 Tondano menyanyikan lagu “Balada Pelaut” dengan syair yang dimodifikasi untuk mengingatkan sesama peserta agar pelatihan ini tidak menjadi sia-sia setelah meninggalkan keluarga untuk waktu yang cukup lama. Hal yang sama juga diingatkan oleh pihak WTA, agar peserta jangan berhenti berlatih, mengembangkan diri terus-menerus sehingga apa yang dipelajari tidak sia-sia. Peserta dianjurkan untuk mengembangkan sendiri kemampuan bahasa Inggris, agar ketika mengikuti pelatihan tahap II di Austalia, bahasa Inggris tidak lagi menjadi penghalang.

Acara penutupan pelatihan ini diakhiri dengan pemutaran video yang membandingkan kemampuan berbahasa Inggris mereka mula-mula dengan setelah selesai mengikuti pelatihan bahasa Inggris selama 6 minggu.

share it...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail