Pada tanggal 30 Juni 2016, bertempat di Aula SMKN 1  Nabire, dilangsungkan acara penutupan kegiatan lokakarya kepala sekolah dan guru sekolah dasar Region Nabire. Kegiatan ini ditutup secara resmi oleh Staf Ahli Bupati Kabupaten Nabire Bidang Pembangunan Bapak Beni Karet S.IP. MM. Beliau didampingi oleh Pimpinan USC-ID, Mr. Christopher Dann dan Mr. Tonny Richardson. Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire diwakili oleh Bapak Mesak Mofu, S.Pd, M.Pd.

Sebelum ditutup, Staf Ahli Bidang Hukum Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ibu Chatarina Girsang, melakukan sosialisasi tentang Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (PERMENDIKBUD) No. 082 tahun 2015 mengenai Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan dan PERMENDIKBUD No. 18 Tahun 2016 mengenai Pengenalan Lingkungan Sekolah yang menghapus kegiatan Masa Orientasi Sekolah bagi siswa baru.

Lokakarya ini diikuti oleh 122 guru sekolah dasar (87 orang) dan kepala sekolah (35 orang), yang berasal dari empat kabupaten yaitu: Nabire, Deiyai, Dogiyai dan Intan Jaya. Peserta terbanyak adalah dari Nabire sementara yang paling sedikit adalah peserta dari Deiyai. Seluruh peserta mendapatkan sertifikat pelatihan dari panitia (DFAT, Dinas Pendidikan Propinsi Papua, University of The Sunshine Coast dan The Willi Toisuta and Associate).

Pada kesempatan itu, USAID juga membagikan secara simbolis beberapa buku paket kepada para guru dan kepala sekolah dari sekolah – sekolah dasar yang mengikuti kegiatan lokakarya ini.

pemukulan-tifa-pembukaan-lokakarya1toki-tifa-simbolis-pembukaan-lokakarya-oleh-mr-rw-bill-carter


Program Government Partnership for Development (GPFD) Papua adalah Program Peningkatan Kapasitas para pelaku pendidikan di Propinsi Papua, terutama Kepala Sekolah dan Guru-guru Sekolah dasar (SD) dari seluruh Kabupaten di Papua. Program ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Propinsi dan Kabupaten/Kota se-Papua, The University of The Sunshine Coast (USC), The Willi Toisuta and Associates (WTA) dan didukung oleh Pemerintah Australia melalui Department of Foreign Affaisrs and Trade (DFAT).

share it...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail