Pengelolaan Beasiswa

Pengelolaan beasiswa Pemerintah Propinsi Riau untuk beasiswa ke Jepang

WTA bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Riau untuk melaksanakan program pemberian beasiswa S1 bagi para putra-putri pelajar Riau yang berprestasi. Pemberian beasiswa ini merupakan implementasi dari RENSTRA Propinsi Riau yang merupakan upaya perwujudan Visi dan Misi Riau 2020. Program beasiswa ini juga merupakan perwujudan dari tujuan pembangunan dibidang pendidikan di Riau yang bertujuan mewujudkan sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa, berkualitas, sehat, cerdas, terampil dan sejahtera serta menguasai IPTEK. Sebanyak 20 pelajar telah menerima program Beasiswa Studi S1 di Jepang yang tersebar di 11 (sebelas) universitas dengan berbagai macam program studi yang diambil.

Jumlah penerima beasiswa masing-masing Universitas itu antara lain:

  1. Shinshu University (Nagano) 6 orang
  2. Saga University (Saga) 3 orang
  3. Ibaraki University (Ibaraki) 3 orang
  4. Tokyo University of Agriculture (Tokyo) 1 orang
  5. University of Electro Communication (Chofu City, Tokyo) 1 orang
  6. Nagoya Institute of Technology (Nagoya) 1 orang
  7. Gifu University (Gifu) 1 orang
  8. Gunma University (Maebashi City-Gunma) 1 orang
  9. Fukushima University (Fukushima) 1orang
  10. Fukui University 1 orang
  11. Kagoshima University 1 orang

Sehubungan dengan pelaksanaan program beasiswa yang telah berlangsung 2 tahun lebih, diperlukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) untuk melihat efektifitas pelaksanaan program beasiswa tersebut. Kegiatan Monev tersebut mengacu pada Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2007 dan Peraturan Gubernur Nomor 7 tahun 2007, tentang APBD dan Penjabaran APBD Provinsi Riau TA 2007, bahwa salah satu kegiatan pembangunan pada Dinas Pendidikan Provinsi Riau TA 2007 dalam Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program Beasiswa Jepang. Kegiatan Monev akan dilakukan langsung oleh Tim Monev dengan melakukan kunjungan ke Jepang, khususnya ke Perguruan Tinggi dimana penerima beasiswa sedang menjalani kuliah.

 

Pengelolaan beasiswa Pemerintah Propinsi Papua untuk beasiswa ke China

Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat selaku pengelola pendidikan di Papua Barat adalah salah satu pihak yang berkomitmen tinggi dalam pengembangan SDM Papua Barat. Dalam rangka membantu mewujudnyatakan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Papua Barat tersebut,    PT Wacana Tata Akademika, sebagai perusahaan konsultan pendidikan, mengusulkan program pengiriman siswa/mahasiswa untuk belajar di luar negeri, antara lain ke perguruan tinggi terbaik di China. Hal ini penting dengan maksud agar mereka dapat menuntut ilmu dan  memperoleh keterampilan yang relevan dan berstandar internasional yang nantinya berguna untuk membangun Provinsi Papua Barat.  Pemilihan negara China sebagai tujuan studi dikarenakan negara tersebut merupakan negara yang selama ini telah terkenal sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia. Negara China telah dikenal sebagai negara yang memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu berkembang. China telah tumbuh menjadi salah satu negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat. Hal tersebut tidak lepas dari komitmen pemerintah China untuk memprioritaskan pendidikan sebagai salah satu dasar pencapaian kemajuan teknologi. Terlebih dengan penandatanganan Asean-China Free Trade Agreement (ACFTA) pada tahun 2010 yang membuat posisi China semakin penting di wilayah ASEAN. Pada kesempatan ini The Willi Toisuta and Associates PT Wacana Tata Akademika sebagai lembaga yang ditugaskan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat untuk mengelola program beasiswa tersebut bermaksud memberikan laporan pelaksanaannya.

 

Pengelolaan beasiswa Pemerintah Propinsi Papua Barat untuk beasiswa ke China dan Jerman

  • Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat selaku pengelola pendidikan di Papua Barat adalah salah satu pihak yang berkomitmen tinggi dalam pengembangan SDM Papua Barat. Dalam rangka membantu mewujudnyatakan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Papua Barat tersebut, PT Wacana Tata Akademika, sebagai perusahaan konsultan pendidikan, mengusulkan program pengiriman siswa/mahasiswa untuk belajar di luar negeri, yaitu ke institusi-institusi perguruan tinggi terbaik di Jerman dan China. Usulan program diharapkan mampu mengembangkan wawasan dan kemampuan para siswa/mahasiswa dari Provinsi Papua Barat sehingga sepulangnya dari belajar di Jerman dan China, mereka mampu untuk membangun tanah kelahirannya di Provinsi Papua Barat.
  • Pemilihan negara Jerman dan China sebagai tujuan studi dikarenakan kedua negara tersebut merupakan Negara yang selama ini telah terkenal sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di Eropa dan Asia. Di Jerman terdapat lebih dari 300 institusi pendidikan tinggi tersebar di seluruh Jerman. Disamping itu, hampir semua institusi perguruan tinggi di Jerman dibiayai oleh negara. Sehingga walaupun sekarang perkuliahan di Jerman tidak gratis lagi, biaya kuliah di Jerman masih cenderung lebih murah dibandingkan negara di Eropa maupun Amerika Serikat.
  • Sedangkan China telah terkenal sebagai negara yang memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu berkembang. China telah tumbuh menjadi salah satu negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat. Hal tersebut tidak lepas dari komitmen pemerintah China untuk memprioritaskan pendidikan sebagai salah satu dasar pencapaian kemajuan teknologi. Terlebih dengan penandatanganan Asean-China Free Trade Agreement (ACFTA) pada tahun 2010 yang membuat posisi China semakin penting bagi wilayah ASEAN.