Penelitian Educability

Dinas Pendidikan dan Pengajaran Papua merencanakan untuk melaksanakan penelitian tentang kondisi keterdidikan anak Papua. Penelitian ini menggambarkan karakteristik belajar dan perilaku anak pra-sekolah di Papua dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hasil penelitian ini akan digunakan untuk menyusun kurikulum dan metode-metode pembelajaran yang didasarkan atas kondisi dan potensi keterdidikan anak Papua, kurikulum, dan proses pembelajaran yang diyakini akan mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki anak-anak Papua. Hasil penelitian ini juga akan menjadi dasar bagi program pendidikan guru dan tenaga kependidikan di Papua.

Untuk konteks Papua, dalam rangka mewujudkan apa yang disampaikan di atas, maka diperlukan adanya suatu gambaran yang jelas tentang educability anak Papua. Educability ini mencakup karakteristik belajar dan perilaku anak sejak usia pra-sekolah atau anak usia dini dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Karakteristik belajar dan perilaku anak ini paling tidak dipengaruhi oleh 2 hal yaitu :

  • Faktor sosial budaya, lingkungan hidup, kondisi ekonomi dan lingkungan keluarga (pandangan orang tua terhadap pendidikan, tingkat pendidikan orang tua).
  • Kualitas hidup anak yang merupakan gambaran/dampak dari pengaruh gizi (nutrisi) pada lingkungan fisik dan sosial (budaya) yang berbeda.