Rektor Universitas Kristen Satya Wacana, John Titaley, membuka kegiatan pelatihan pengembangan pembelajaran bagi guru-guru Yayasan Del, pada hari Senin, 9 Januari, di Ruang Probowinoto. Pelatihan yang direncanakan berlangsung hingga 14 April mendatang ini merupakan hasil kerjasama UKSW dengan Willi Toisuta & Associates, Yayasan Del, dan University of the Sunshine Coast.

Hotben Situmorang, salah satu panitia pelatihan dari WTA, mengungkapkan bahwa pelatihan ini diikuti 29 guru yang akan diseleksi untuk dapat mengajar pada SMA Unggul Del di Laguboti, Sumatera Utara. Dosen-dosen dari Fakultas Bahasa dan Sastra serta Fakultas Sains dan Matematika UKSW ikut terlibat dalam pelatihan ini, di samping guru-guru dari Sekolah Laboratorium Satya Wacana dan para pengajar dari USC.

Pada sesi pertama usai pembukaan, Willi Toisuta memberikan presentasi tentang “WTA’s Road Map to Learning” yang dijabarkan menjadi Metode T4, yakni Telaah, Teliti, Tata, dan Tutur. Metode ini adalah metode belajar berbasis penelitian untuk mengoptimalkan kapasitas anak didik. Para guru Del akan mempelajari metode ini agar mereka dapat menjadi fasilitator pembelajaran yang baik bagi murid-muridnya.

Ketua Yayasan Del, Patuan Simatupang, dalam presentasinya menjelaskan visi SMA Unggul Del sebagai “Sekolah unggul mutu yang terpanggil untuk mendidik dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan pribadi anak bangsa bagi kemajuan Indonesia”, dengan misi “Mendidik anak bangsa yang handal untuk memiliki kompetensi akademik yang tinggi secara global dan berbudi pekerti melalui sistem pendidikan yang unggul mutu pengelolaan dan unggul metode pembelajaran”.

John Titaley mengungkapkan bahwa UKSW mendukung kegiatan pelatihan ini sebagai salah satu upaya untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu di Indonesia. “Dengan pelatihan ini diharapkan nantinya akan ada sekolah lain yang menyelenggarakan pendidikan dengan baik di Indonesia seperti Sekolah Laboratorium. Mutu pendidikan di Indonesia juga menjadi salah satu komitmen UKSW, dan kita telah menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah, khususnya sekolah Kristen sejak dulu,” kata Titaley.

share it...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail