Hari ini “Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Sekolah Bertaraf Internasional bagi Kepala Sekolah SMP, SMA, dan SMK Provinsi Papua” resmi dibuka oleh Rektor Universitas Kristen Satya Wacana John Titaley. Pelatihan ini adalah hasil kerjasama Willi Toisuta & Associates dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Papua, bersama Universitas Kristen Satya Wacana dan University of the Sunshine Coast.

Hingga 10 September nanti, para peserta akan berada di kampus UKSW, Salatiga, untuk melahap 81 sesi pelatihan intensif. Dari 81 sesi tersebut, 66 di antaranya adalah pelatihan bahasa Inggris. Sisanya adalah pelatihan kepemimpinan, komunikasi, manajemen sekolah, prinsip-prinsip good governance, problem solving dan pengambilan keputusan, analisis SWOT, berpikir kreatif dan inovatif, analisis peluang dan risiko, perencanaan bisnis sekolah, dan penerapan teknologi informasi dalam pembelajaran. Setelah menyelesaikan pelatihan ini, para peserta akan berangkat ke Australia untuk memperkuat kemampuan manajemen sekolah di University of the Sunshine Coast.

Pembukaan pelatihan ini dilaksanakan di Ruang Probowinoto UKSW. Direktur WTA Eka Simanjuntak memberi kata sambutan bersama Rektor Titaley dan Saul Salamuk, Kepala Seksi Pengembangan Bidang Ketenagaan Dinas Dikpora Papua, disaksikan 17 peserta dan sejumlah dosen Satya Wacana.

Eka mengatakan bahwa WTA dan Dinas Dikpora Papua telah mengirim sedikitnya 80 guru Papua untuk belajar ke USC di Queensland, dan Saul Salamuk mengatakan bahwa selama ini WTA telah membantu lembaganya meningkatkan kualitas dan kapasitas guru Papua. Sekarang para kepala sekolah juga perlu dikirim untuk belajar ke USC agar mampu mengimbangi guru-gurunya.

Rektor Titaley mengimbau kepada Dinas Dikpora Papua agar setelah pulang dari Australia nanti, para peserta diberi waktu dan kesempatan lebih untuk melakukan perubahan positif di sekolahnya masing-masing. Titaley berpendapat bahwa mengubah organisasi sekolah tidak gampang karena harus mengubah perilaku dan budaya manusianya. “Oleh sebab itu butuh waktu. Minimal dua periode,” kata Titaley.

share it...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail