Tahun ini Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat memberi 10 beasiswa kuliah S1 di Cina lewat pengelolaan Willi Toisuta & Associates. Beasiswa ini diberikan kepada 10 siswa yang telah lolos seleksi pada Juni lalu. Para peserta akan belajar bahasa Mandarin selama setahun di College of Chinese Language and Culture (CCLC) Jinan University, Guangzhou, sebelum memasuki masa perkuliahan S1 di berbagai universitas Cina.

Persiapan bahasa ini adalah persyaratan yang harus diikuti bagi para calon mahasiswa asing di Cina. Demi membekali para peserta dengan pengetahuan bahasa dan budaya, WTA bekerjasama dengan PPPPTK (Pusat Pendidikan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan) Bahasa mengadakan pelatihan bahasa Mandarin tingkat dasar bagi para peserta. Pelatihan ini akan diadakan selama 23 hari (16 hari efektif pelatihan) yang telah dimulai pada 2 Agustus 2010 hingga 24 Agustus 2010 nanti.

Pada 30 Juli 2010 para peserta telah tiba di Jakarta dari Papua Barat. Para peserta yang berasal dari Fakfak, Sorong, dan Manokwari ini bertemu dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat Yunus Boari untuk diberi pengarahan sebelum pelatihan mulai.

Dalam pelatihan ini para peserta dikenalkan pada kosakata percakapan sehari-hari, aksara Mandarin (Hanzi), serta budaya Cina. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta tidak mengalami kesulitan dan mampu secara cepat beradaptasi dengan lingkungan setibanya mereka di Guangzhou.

Pelatihan ini akan diadakan selama kurang lebih 100 jam pelajaran yang didukung oleh pengajar-pengajar berpengalaman dari PPPPTK Bahasa, Badan Koordinasi Pendidikan Bahasa Mandarin (BKPBM), dan Universitas Negeri Jakarta. Para peserta dijadwalkan akan berangkat ke Guangzhou pada 25 Agustus 2010.

share it...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail