Pelatihan Bahasa Jerman bagi Penerima Beasiswa S1 ke Jerman

Willi Toisuta & Associates bekerjasama dengan Goethe-Institut untuk menyelenggarakan pelatihan bahasa Jerman bagi 10 siswa-siswi lulusan SMA Papua Barat yang menerima beasiswa studi S1 ke Jerman. Kegiatan ini dimulai dan dibuka pada 19 Juli 2010 lalu di kampus Goethe-Institut di Jakarta, yang turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat Yunus Boari, Direktur WTA Eka Simanjuntak, serta perwakilan dari pihak Goethe-Institut, Maria Fischer.

Pada kesempatan itu, Yunus Boari menyatakan bahwa kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini merupakan kesempatan yang langka. Ia berharap para peserta mampu memanfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin.

Pelatihan ini rencananya akan dilaksanakan selama lima bulan hingga Desember nanti sebelum para peserta melanjutkan studi ke Studienkolleg selama sembilan bulan di Deutsche Internationale Schule, Jakarta, sebagai persyaratan untuk dapat mengikuti perkuliahan di Jerman. Para peserta akan mengikuti kursus super-intensif selama lima bulan dibagi dalam dua tahap dimana peserta diharapkan mampu mencapai level B1 dalam bahasa Jerman yang merupakan persyaratan untuk mengikuti Studienkolleg.

Program beasiswa ke Jerman ini merupakan salah satu dari dua program beasiswa Provinsi Papua Barat yang dikelola WTA. Para peserta yang mengikuti program ini adalah mereka yang lolos dalam seleksi yang telah diadakan WTA bekerjasama dengan Pusat Pemeliharaan dan Penanggulangan Intelegensia Kesehatan, Departemen Kesehatan RI, pada bulan Juni lalu.

10 Replies to “Pelatihan Bahasa Jerman bagi Penerima Beasiswa S1 ke Jerman”

  1. halo, nama saya qiblat.
    saya lulusan SMA tahun 2010.
    saya ingin sekali kuliah di jerman, tetapi faktor ekonomi menjadi kendala terbesar bagi saya. apakah ada cara untuk saya supaya dapat kuliah di jerman?

    terimakasih

  2. Halo Qiblat. Jangan khawatir akan kendala ekonomi. Anda bisa mencari beasiswa untuk studi ke Jerman. Banyak sekali informasi lowongan beasiswa yang dapat Anda peroleh dari internet dan media informasi lainnya. Anda juga bisa mencari informasi di Kementerian Pendidikan atau di Dinas Pendidikan setempat yang biasanya mengalokasikan anggaran untuk program beasiswa bagi putra-putri daerah. Jadi, jangan putus asa gara-gara masalah ekonomi, silahkan mencari beasiswa. Semoga beruntung.

    Salam

  3. halo…
    nama sy Levina
    sy siswi kelas XII IPA (3)di SMA Negeri 2 Manokwari, Papua Barat.
    sy ingin sekali kuliah di luar negri (Jerman atau di China…)
    apakah masih ada beasiswa untuk tahun depan…?? seperti yg dilaksanakan pada tahun ini…

  4. Selamat Pagi,
    Saya mau tanya apakah ada yang tahu tempat kursus bahasa Jerman di Manokwari (Papua Barat).
    Saya berencana melanjutkan program Master Degree di Jerman.
    Tolong informasi nya bagi yang mengetahui.
    Terima Kasih

  5. halo nama saya diza.
    mau menanyakan apakah di manokwari terdapat tempat atau mungkin pihak2 yang bisa mengajari saya bahasa jerman
    karena saya berencana mengambil S2 di jerman

  6. hy…..

    ich bin dimas und wohne in gresik,ich schule nach sman 1 driyorejo….

    sya ingin melanjutkan study saya di jerman,tapi saya tidak punya biaya…dan apakah pemerintah indonesia punya program khusus untuk ank negerinya yang ingin bersekolah ke sana??

  7. hy. .nama saya gabriela..
    saya ingin sekali kuliah di jerman..saya lulusan tahun 2010..

    yg ingin saya tanyakan..apakah tahun depan masih ada program ini., kapan ,dan bagaimana cara daftarnya..

  8. GUTEN MORGEN, ICH BIN RIBKA, ICH WOHNE IN MANOKWARI, UND ICH BIN SCHULERIN IN DIE SMU KATOLIK VILLANOVA MANOKWARI.

    em………..sya menanggpi bhwa kgitn ini sngtlah baik. namun, program ini dilakukan pda saat msa jbtan kpl dinas pendidikan provinsi thn ini, kmdian jka sja bsk pmlhan presdn yg bru, lalu di gnti dng kpla dns yg bru mka prgrm krjnya di gnti. trs, jka prgrm krjnya di gnti, apakah beasiswanya akn trs di jlnkan atau tdk?
    kmdian jka tdk, bgaimn dng mhasiswa yg sdh berada di sna…..?
    sykr bgi yg ortunya eknmi menengh ke ats, klau yg rendh.?
    jdi, srn sya alngkh baiknya jka prgrm ini tetp dilnjtkn, krna sngt brmanfaat gna membngn SDM papua yg lbh baik.

  9. Tanggapan saya kita harus bersatu dan mewujudkan mimpi kita belajar dengan tekun supaya merai cita-cita kita masing-masing dan kita kembali ke daerah kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.