Partner Logo

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara

   +62431865559
   Jalan 17 Agustus No.69, Teling Atas, Wanea, Kota Manado, Sulawesi Utara
   Kunjungi Website

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov. Sulawesi Utara) senantiasa berupaya memberikan pendidikan yang bermutu bagi masyarakat. Salah satu upaya untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu adalah melalui penyelenggaraan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) sesuai dengan amanat UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 50, ayat 3, yaitu: “Pemerintah dan/atau Pemerintah Daerah, menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk dikembangkan menjadi sekolah yang bertaraf Internasional”.

Pengembangan Sekolah Bertaraf Internasional diharapkan mampu menghasilkan lulusan-lulusan yang berprestasi dan memiliki daya saing global.  Beberapa indikator penyelenggaraan SBI adalah proses pembelajaran yang menggunakan berbagai strategi pembelajaran, tidak semata-mata mementingkan hasil; tetapi proses, mengembangkan seluruh potensi siswa (student-centered) memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) khususnya komputer dengan perangkatnya dalam pembelajaran, dan penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran untuk mata pelajaran tertentu (Sains dan Matematika).  Proses pembelajaran yang demikian membutuhkan  guru-guru yang memiliki pengetahuan dan kemampuan pada aspek pedagogi, TIK, dan bahasa Inggris. 

Pada bulan Desember 2011, WTA bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Utara dalam menyelenggarakan kegiatan seleksi guru-guru Sains dan Matematika yang akan mengikuti Pelatihan Pengayaan Kurikulum, Pedagogi, dan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Guru Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) Provinsi Sulawesi Utara.