Partner Logo

Pemerintah Provinsi Papua

   +62967537523
   Kompleks Kantor Gubernur, Jalan Soa Siu Dok 2, Jayapura, Papua
   Kunjungi Website

Program Penguatan Baca Tulis Kelas Awal mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam menangani kesenjangan pendidikan di Provinsi Papua dan Papua Barat.  UNICEF dengan dukungan dari DFAT dalam melaksanakan Pendidikan untuk daerah pinggiran dan pedalaman di Tanah Papua. Dibawah kerjasama antara Program Pemerintah Indonesia dan Program UNICEF 2011 – 2018, program ini didanai oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT) Pemerintah Australia. Tujuan utamanya yaitu menguji pendekatan yang efektif dan berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas awal di daerah pedalaman di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Program Pendidikan untuk daerah pinggiran dan pedalaman di tanah papua diselenggarakan dengan dua (2) pilar kegiatan utama, yaitu : Sekolah dan Pemerintah yang didukung oleh Pilar masyarakat. Serta memiliki 2 sasaran, yaitu :

  • Sasaran Utama, yaitu: anak-anak di 120 sekolah dasar di 6 kabupaten di Provinsi Papua dan Papua Barat: Kabupaten Biak Numfor, Jayawijaya, Mimika, Jayapura, Manokwari dan Sorong.
  • Sasaran Intervensi Program ditujukan kepada pembuat kebijakan, pengawas sekolah, kepala sekolah, guru, komite sekolah dan masyarakat umum.