Pada tanggal 14 September 2015 bertempat di Gedung Ukumiarek Asso, Wamena, telah dilaksanakan Upacara Pembukaan Lokakarya Kepala Sekolah, Guru Sekolah Dasar, dan Pejabat Dinas Pendidikan serta Pengawas Sekolah Region 3 Wamena. Lokakarya ini merupakan bagian dari Program Government Partnership for Development (GPFD) yang dilaksanakan atas kerjasama anatara Dinas Pendidikan Provinsi Papua, University of the Sunshine Coast (USC) dan the Willi Toisuta & Associates (WTA).

Lokakarya ini diikuti oleh Kepala Sekolah, Guru, staff Dinas Pendidikan dan Pengawas Sekolah dari tujuh kabupaten pada area Pegunugan Tengah yaitu: Kabupaten Jayawijaya, Lanny Jaya, Tolikara, Yahukimo, Yalimo, Mamberamo Tengah dan Nduga. Para peserta terdiri dari 100 orang Guru SD, 60 orang Kepala Sekolah, dan 22 orang Pengawas Sekolah dan Staf Dinas Pendidikan. Total peserta lokakarya berjumlah 182 orang.

Lokakarya ini dibuka secara resmi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Jayawijaya, Bapak Tunggul Busono, didampingi Prof. William Rodney Carter (Director IPG–USC), dan Bapak Eka Simanjuntak, MM. (WTA).
pelatihan guru kepala sekolah wamena

Selama 10 hari, para peserta lokakarya akan dipandu oleh:

Tim akademik dari USC yaitu: Mr. Tonny Richardson, Mr. Jeff Hay, Mr. Brian Collins, Dr. Sharn Donnison, Mr. Chris Dann, Mrs. Chris Rita Gilmore, Mrs. Hayley.

Tim Master Teachers Papua yang merupakan alumni USC yaitu: Ibu Yuliwati Madu, Bpk Ferdinand Laumal, Sdri. Elizabeth D.B. Iriawati, Ibu Susanti Ansanay, Ibu Maria Wambrauw, Ibu Maria Balla.

Pelatih Master Kepala Sekolah dari area Pegunungan Tengah yaitu: Ibu Ida C.T Sadi, Bpk Kosman Kogoya, Bpk Andreas Yoman.

Pelatih Master Guru SD dari area Pegunungan Tengah yaitu: Ibu Lisna Hartati, Ibu Benedikta Ndiken, Ibu Neli Nawipa, Ibu Yeleke Maryke Asabo, Bpk Efrem Yerwuan, Ibu Elsa Uduas, Bpk Elius Wantik.

Lokakarya ini juga mengundang beberapa pembicara tamu seperti Bapak Dr. James Modow, mantan Kepala Dinas Propinsi Papua yang sekarang menjabat posisi sebagai Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Pusat Daerah, yang menyampaikan 2 materi tentang ‘Mengkreasi Komunitas Sekolah dan Keterlibatan Budaya’ dan ‘Menanggapi Keragaman Budaya dan Siswa dan Panduan Adaptasi Sosial Budaya bagi Sekolah di Papua’. Bapak John Rahail yang menyampaikan materi tentang ‘Sekolah Kampung di Papua’ dan Ibu Dr. Sylvia Primulawati Soetantyo, dosen keguruan di Universitas Pelita Harapan, Jakarta, yang membawakan materi tentang ‘Strategi Belajar dan Pembelajaran’.

Pada hari terakhir, kegiatan lokakarya ini ditutup oleh SekDa Lanny Jaya mewakili seluruh Muspida dan SKPD dari 7 kabupaten asal peserta.

 

share it...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail