Lokakarya Kepala Sekolah dan Guru SD pada Region II kali ini berlangsung di Kota Nabire, Kabupaten Nabire. Kegiatan pelatihan yang dimulai pada tanggal 20 Juni 2016 dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kabupaten Nabire Bpk Amirrulah Hasyim, S.IP, MM, bertempat di Aula SMKN 1 Nabire. Seluruh kegiatan untuk kedua kelompok baik kepala sekolah dan guru berlangsung di area sekolah ini.

Lokakarya ini diikuti oleh kepala sekolah dan guru dari beberapa kabupaten di wilayah Pegunungan Mee Pago (Kabupaten Deiyai, Dogiyai, Intan Jaya) dan Saireri (Pesisir Teluk Cenderawasih) kabupaten Nabire. Jumlah peserta yang hadir lebih kurang 120 orang.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh beberapa perwakilan dari 3 lembaga pendukung Tim GPFD, yaitu Ibu Irwanti Sarewo (Dinas Pendidikan Provinsi Papua), Bpk Eka Simanjuntak (WTA), dan Prof. William Rodney Carter (USC), beserta pejabat lain dalam lingkup dinas pendidikan kabupaten daerah tersebut di atas.

Tim akademisi dari USC yang mengambil bagian dalam program lokakarya kepala sekolah adalah Mr. Tony Richardson dan Brian Collins. Untuk lokakarya guru, yaitu Mr. Christopher Dann, Mrs. Ann Anderson, dan Mr. Peter Curtis. Kegiatan ini juga menghadirkan beberapa nara sumber yang mengambil bagian dalam kegiatan ini, yaitu Dr. James Modouw (Staf Ahli Mendikbud bidang Hubungan Daerah dan Pusat), Bpk Yohanis Rahail (IPPM) Penggagas Sekolah Kampung.

Dalam lokakarya kepala sekolah, tim Akademisi USC didampingi tim Alumni Academic Teacher (AAT), yaitu Ibu Yuliawati Madu, Sdr. Elizabeth Bunga, dan Bpk Ferdinand Laumal. Sedangkan untuk lokakarya guru, yang mendampingi tim akademisi USC adalah Ibu Susanty Ansanay, Ibu Maria Wambrauw, dan Ibu Maria Bala. Para Pelatih Master untuk Tim Guru berasal dari 2 region yang adalah para dosen KPG. Ibu Anni F. Fonataba, Bpk Refly Jefry Umpel, Bpk Ronald Manibuy, dan Bpk Nasruddin Kanabaraf (KPG Nabire). KPG Mimika Bpk Katemin, Bpk Nurhadi, Bpk Dominggus Kuhuela, Bpk Marthen S Marente.

GPFD_Region_Merauke_09

GPFD_Region_Merauke_10GPFD_Region_Merauke_11GPFD_Region_Merauke_12GPFD_Region_Merauke_13GPFD_Region_Merauke_14


Program Government Partnership for Development (GPFD) Papua adalah Program Peningkatan Kapasitas para pelaku pendidikan di Propinsi Papua, terutama Kepala Sekolah dan Guru-guru Sekolah dasar (SD) dari seluruh Kabupaten di Papua. Program ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Propinsi dan Kabupaten/Kota se-Papua, The University of The Sunshine Coast (USC), The Willi Toisuta and Associates (WTA) dan didukung oleh Pemerintah Australia melalui Department of Foreign Affaisrs and Trade (DFAT).

share it...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail