Pada akhir tahun ini, Lokakarya Program GPFD berlangsung di Region IV Merauke. Lokakarya Kepala Sekolah dan Guru ini dimulai tanggal 26 Oktober hingga 5 November 2015, bertempat di kampus Kolese Pendidikan Guru (KPG) Khas Papua, Jalan Dorem – Buti, Merauke.

Acara pembukaan lokakarya dilaksanakan pada hari Senin, 26 Oktober 2015 pukul 09.00 – 10.30 WIT di Aula Utama KPG Khas Papua, Merauke. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Bpk Agustinus Djoko Guritno, Asisten I Pemerintah Kabupaten Merauke, dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Merauke beserta jajarannya. Acara pembukaan ini dihadiri oleh Bpk Laurens Wantik sebagai Kepala Bidang PK & LK, mewakili Dinas Pendidikan Provinsi; Dr. James Modouw, staf ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang juga adalah salah satu nara sumber; Bpk Eka Simanjuntak dari WTA, dan wakil dari beberapa instansi lain di Merauke.

Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan kuliah umum yang disampaikan oleh Bpk James Modouw, yaitu tentang Kepemimpinan Pendidikan Khas Papua dan Keragaman Budaya. Setelah itu acara dilanjutkan dengan mendengarkan presentasi dari Bpk John Rahail, pendiri sekolah kampung di Beneraf, Sarmi, tentang program – program pembelajaran sekolah kampong.

Tim GPFD secara khusus mengundang Bpk Christian Sohilait, MT, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lanny Jaya, untuk berbagi pengalaman tentang program – program pendidikan yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan di kabupaten Lanny Jaya.

Selanjutnya lokakarya dilanjutkan dengan berbagai kegiatan dengan topik – topik sebagai berikut:

  • PROFESIONALISME GURU – (melakukan refleksi)
  • MENGGUNAKAN BERBAGAI PERANGKAT DALAM MELAKUKAN KEGIATAN REFLEKTIF
  • BAGAIMANA SISWA KITA BELAJAR
  • KEBERAGAMAN DAN INKLUSI
  • STRATEGI BELAJAR MENGAJAR DAN BEKERJA BERSAMA DENGAN SISWA (TEAMWORK)
  • PENGGUNAAN BAHAN AJAR
  • MEMBUAT BAHAN AJAR UNTUK PELAJARAN SAINS DAN MATEMATIKA
  • MEMBUAT BAHAN AJAR UNTUK PELAJARAN LITERASI DENGAN BAHASA IBU
  • STRATEGI PENILAIAN HASIL KERJA SISWA
  • PEMANFAATAN TIK DALAM PEMBELAJARAN

Lokakarya ini diikuti oleh sebanyak 160 orang peserta yang terdiri dari 53 orang kepala sekolah dan 107 guru dan calon guru.

GPFD_Region_Merauke_01

GPFD_Region_Merauke_02


GPFD_Region_Merauke_03


Program Government Partnership for Development (GPFD) Papua adalah Program Peningkatan Kapasitas para pelaku pendidikan di Propinsi Papua, terutama Kepala Sekolah dan Guru – guru Sekolah dasar (SD) dari seluruh Kabupaten di Papua. Program ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Propinsi dan Kabupaten/Kota se-Papua, The University of The Sunshine Coast (USC), The Willi Toisuta and Associates (WTA) dan didukung oleh Pemerintah Australia melalui Department of Foreign Affaisrs and Trade (DFAT).

share it...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail