Sebanyak empat mahasiswa dari Kabupaten Mimika Provinsi Papua dan sepuluh mahasiswa dari Provinsi Papua Barat (Manokwari, Sorong, dan Fakfak) pada hari Senin, 30 Agustus 2010, mulai kuliah bahasa Mandarin di College of Chinese Language and Culture (CCLC) Jinan University, Guangzhou, Cina.

Perkuliahan ini bertujuan agar mereka memiliki kompetensi bahasa Mandarin yang memadai sebelum melanjutkan studi ke jenjang S1 sesuai dengan jurusan yang diminati. Kuliah bahasa Mandarin dilaksanakan selama satu tahun dan program tersebut merupakan kelas intensif yang diselenggarakan secara khusus bagi mahasiswa Papua agar mereka bisa menguasai bahasa Mandarin dengan cepat.

Pengiriman 14 mahasiswa untuk studi bahasa Mandarin di CCLC adalah rangkaian kegiatan program beasiswa S1 dari Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika dan Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat. Keberangkatan mereka ke Guangzhou pada 26 Agustus 2010 didampingi oleh Dominikus Mitoro (pengawas sekolah dari Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika) dan dua orang staf WTA (Fendo Parama Sardi dan Yuli Kwartolo). Selama studi, mereka tinggal di asrama mahasiswa CCLC.

WTA adalah lembaga yang ditugaskan oleh kedua dinas pendidikan tersebut untuk memfasilitasi kegiatan mulai dari seleksi calon mahasiswa, kursus bahasa Mandarin dasar di Jakarta, pengurusan paspor dan visa, sampai pengiriman mahasiswa ke CCLC untuk studi.

share it...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail