Dalam rangka peninjauan kembali pengaruh dari kebijakan yang berkenaan dengan proses perencanaan, menejemen, dan juga control kualitas, kementrian Pendidikan Timor-Leste bekerjasama dengan Willi Toisuta and Associates menyelenggarakan pelatihan dalam pengembangan kualitas kelembagaan untuk institusi pendidikan tinggi (Institutional Capacity Building of Private Higher Education). Pelatihan ini diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 18 Juni sampai dengan 22 Juni 2012. Adapun peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah Mr. Vasco Viana, Mr. mateus de Silveiro, Mr. Fransisco da Silva Sarmento, Mr. Mafaldo Lopes Victor dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Timor-Leste.

Pelatihan ini diselenggarakan selama lima hari dalam bentuk studi perbandingan tentang implementasi penjaminan kualitas pendidikan di Indonesia. Program ini dipersiapkan bagi para staff dalam kementrian untuk menginisiasi proses baru dalam hal control kualitas dalam level kelembagaan. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk mendukung dan meningkatkan pendidikan yang berkualitas dan juga institusi penelitian yang ada di Timor-Leste.

Sebagai pembukaan, pada hari pertama para peserta dari Timor Leste diterima oleh Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia, Mr. Manuel Serrano, beserta dengan Attaché Pendidikan Timor Leste, Mr. Moises da Silva. Selanjutnya, pelatihan kemudian berlangsung selama lima hari dalam bentuk workshop di beberapa instansi Kementrian Pendidikan RI seperti Inspektorat Jenderal dan Direktorat Jenderal. Selain itu, juga diadakan konsultasi dengan Badan Akreditasi Nasional-BAN PT) yang kemudian dilanjutkan dengan visitasi kampus Trisakti, Atmajaya, dan IBM ASMI untuk mengetahui implementasi dan aspek teknis dari penjaminan dan control kualitas pendidikan tinggi yang diselenggarakan di area universitas.

share it...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail