Tantangan terhadap pengembangan pendidikan di Indonesia ada pada aspek pemerataan dan akses, juga peningkatan daya saing di antara negara lainnya di wilayah Asia. Oleh karena itu, salah satu pusat sorot masyarakat dan komunitas pendidikan adalah isu internasionalisasi pendidikan di Indonesia. Pro-kontra mengenai isu ini masih berlanjut, dan masing-masing pihak memiliki argumennya sendiri-sendiri. Kerumitan ini masih ditambah dengan kurang jelasnya pedoman, arah, dan kecukupan dana penunjang pelaksanaan.

Situasi demikian, bila dibiarkan tanpa kejelasan, malah akan memperkeruh situasi dan menghalangi kita untuk berkontribusi bagi pengembangan dunia pendidikan di Indonesia. Untuk mengurai benang kusut dan membangun pemahaman yang benar mengenai isu internasionalisasi pendidikan di Indonesia, Willi Toisuta & Associates, Yayasan Bina Darma, dan Pusat Studi Kawasan Timur Indonesia Universitas Kristen Satya Wacana bekerjasama dengan University of the Sunshine Coast, mengundang para pemerhati dan pelaku pendidikan untuk menghadiri seminar dan lokakarya (semiloka) internasional dengan tema “Internasionalisasi Pendidikan dan Prospeknya di Indonesia”.

Tampil sebagai pembicara dalam semiloka ini antara lain:

  • Merv Hyde dari University of the Sunshine Coast dengan topik “Sistem Pendidikan di Australia”
  • Willi Toisuta dari WTA dengan topik “Internasionalisasi Pendidikan di Indonesia”
  • Slameto dari UKSW dengan topik “Pengalaman dan Tantangan Penerapan Kebijakan SBI di Indonesia”
  • Saptono Nugrohadi dari SMAN 1 Salatiga dengan topik “Pengalaman dan Tantangan Penerapan Kebijakan SBI di SMAN 1 Salatiga”

Semiloka “Internasionalisasi Pendidikan dan Prospeknya di Indonesia” akan berlangsung selama dua hari pada 29-30 September 2010 di kampus UKSW, Salatiga. Hari pertama akan dilaksanakan seminar dengan pemaparan materi di Ruang Probowinoto. Hari kedua akan diawali dengan kunjungan ke SMAN 1 Salatiga (RSBI) dan Mountainview International Christian School, yang dilanjutkan dengan diskusi hasil pengamatan di kedua sekolah tersebut di Ruang Probowinoto.

share it...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail