University of the Sunshine Coast dan Willi Toisuta & Associates menerima pujian dari duta besar Indonesia untuk Australia, Primo Alui Joelianto, saat upacara wisuda USC berlangsung kemarin, 20 April 2011. Dubes Primo Alui Joelianto mengapresiasi USC atas komitmennya selama ini dalam mendampingi Indonesia pada proyek-proyek yang bermanfaat bagi Provinsi Papua.

Ini termasuk dukungan USC dalam program pengembangan profesi bagi para pendidik dan pelayan kesehatan, bantuan USC lewat proyek-proyek berkelanjutan, seperti yang termutakhir adalah bantuan laptop untuk anak sekolah Papua. Kegiatan-kegiatan ini seluruhnya dilaksanakan dalam naungan nota kesepahaman USC dengan Provinsi Papua dan WTA.

Bersama sejumlah tokoh Papua, Primo Alui Joelianto menghadiri upacara wisuda penganugerahan gelar doktor kehormatan kepada Gubernur Papua Barnabas Suebu. Tujuh wartawan Indonesia juga hadir meliput kejadian penting itu.

USC menganugerahkan gelar doktor kehormatan kepada Suebu atas kontribusi pentingnya dalam pelestarian dan pelayanan komunitas Papua secara berkelanjutan lewat jejaring kependidikan dengan lembaga-lembaga lokal, nasional, dan internasional.

Dia mendapat pujian dari seluruh dunia karena menerapkan sistem cadangan hutan yang kini melindungi lebih dari separuh spesies endemik Indonesia di rimba sepanjang 23 juta hektar.

Pada pidatonya kemarin, Barnabas Suebu menyemangati para winisuda untuk berjuang demi kebesaran dan menangani persoalan-persoalan dunia dengan percaya diri.

“Anda harus bangkit menghadapi tantangan zaman kita yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Suebu. “Pada tahun-tahun mendatang, Anda dan generasi Anda akan diminta untuk memberi lebih dari yang Anda pikir Anda bisa.”

Barnabas Suebu bicara tentang bahaya-bahaya mutakhir yang meliputi pembukaan hutan, degradasi lahan, pengikisan keanekaragaman hayati, pencemaran, perubahan iklim oleh manusia, kemiskinan, kelaparan, dan kelangkaan pendidikan.

“Kalian, para orang muda, penuh tenaga dan daya, seperti matahari pada jam 8 atau 9 pagi. Harapan kita ada pada kalian. Dunia adalah milik kalian. Masa depan bangsa ini adalah milik kalian. Saya sangat ingin melihat ke depan untuk melihat pencapaian hidup Anda.”

Suebu juga mengungkapkan bagaimana kuatnya hubungan yang ia rasakan terhadap USC.

“Tidak pernah sekalipun di mimpi terliar saya terlintas bahwa saya akan menerima kehormatan seperti ini,” kata Suebu. “Saya terima kehormatan ini dengan rendah hati. Kehormatan ini untuk rakyat saya juga. Saya bergantung pada merekat untuk melindungi dan melestarikan rimba kami dalam rangka menyelamatkan planet ini.”

share it...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail