Willi Toisuta & Associates bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara telah melaksanakan seleksi calon guru sekolah bertaraf internasional dari Manado, Bitung, Tomohon, Kakas, Langowan, Ratahan, Belang, Tondano, Amurang, Tenga, Siau Timur, Siau Barat, Kotamobagu, Bolaang, Bolang Itang, Kotabunan, Airmadidi, Tareran, Tahuna, Beo, Motoling, Kauditan, dan Ratatotok.

Seleksi dilaksanakan tanggal 4-10 Desember 2011 di Bina Darma Training Center, Salatiga, dan diikuti 100 guru PNS jenjang SMA untuk bidang studi sains dan matematika yang memenuhi syarat.

Tahap-tahap dalam seleksi meliputi tes psikologi, bahasa Inggris, tertulis, wawancara, dan microteaching. Para asesor yang terlibat dalam seleksi adalah staf ahli sains dan matematika dari Universitas Kristen Satya Wacana seperti Ferry Karwur, Andriani Karyanto, Jubhar Mangimbulude, Ferdy Rondonuwu, dan Dharmaputra Palekahelu. Asesor lain yang terlibat adalah Rudangta Arianti Sembiring dan Widya Hiltraut Padan dari Thera Center for Psychological Service.

Guru-guru yang akan terpilih adalah mereka yang memiliki kualitas sesuai dengan standar sekolah bertaraf internasional, memiliki kemampuan akademik yang baik, mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, dan secara psikologis memiliki kecerdasan yang baik, mampu berpikir konkret-praktis, mampu berbahasa dengan baik, mampu berpikir analogis, berabstraksi verbal, juga mampu mengingat, berhitung praktis, dan berpikir konstruktif.

Dari seleksi ini akan dipilih 20 guru terbaik yang akan diusulkan agar dapat menjalani pengayaan kurikulum, pedagogi, dan TIK di University of the Sunshine Coast, dengan dukungan beasiswa Australian Leadership Awards Fellowships dari AusAID.

share it...
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail